Perkembangan Iptek pada Bidang Transportasi

Secara umum, perkembangan transportasi dimulai sekitar 3500 tahun SM diawali dengan penemuan roda di Mesopotamia (Irak Modern), fungsi dari roda ini tidak digunakan untuk memindahkan suatu barang, melainkan digunakan untuk tembikar (alat keramik). Begitu pula dengan transportasi di Indonesia yang mengalami perkembangan dalam segi efektivitas dan efisiensinya.

Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia dan juga pengaruh budaya luar seperti budaya dari India, Eropa, dan Indocina. Selain itu, pengaruh budaya luar berhasil mempercepat perkembangan teknologi transportasi di Indonesia.

Berikut beberapa contoh perkembangan IPTEK di bidang transportasi:

  • TRANSPORTASI AIR
        Perkembangan transportasi air di Indonesia sudah ada sejak masa kerajaan Hindu Buddha. Kerajaan Mataram Kuno sudah menggunakan teknologi perahu bercadik sebagai alat transportasi air. Dilihat dari jejak kejayaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara dengan armada laut yang kuat.

        Teknologi transportasi air di Indonesia semakin berkembang pada masa kolonial. Bangsa-bangsa barat seperti Portugis, Belanda dan Inggris mengenalkan teknologi perkapalan yang mampu mengarungi samudra. Pada akhir abad ke-19M, Belanda juga mengenalkan teknologi kapal uap sebagai alat transportasi massa di Indonesia.
  • TRANSPORTASI DARAT
        Pada 1842, pemerintah kolonial Belanda membangun jalur kereta api yang menghubungkan Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Pembangunan jalur kereta api ini dilakukan oleh perusahaan kereta api Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschapij (NISM). Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengiriman hasil pertanian ke pelabuhan. Kemudian, perusahaan kereta api Belanda menggunakan kereta api sebagai alat transportasi massal masyarakat Indonesia.

        Juga dengan kedatangan kendaraan modern pertama kali datang di Indonesia pada tahun 1884. Kendaraan tersebut merupakan mobil bermerek Benz Viktoria yang berasal dari Jerman. Mobil ini pertama kali mendatangi kota Surakarta/Solo, dikarenakan mobil tersebut dimiliki oleh Susuhunan Pakubuwono X.
  • TRANSPORTASI UDARA
        Dalam bidang ini, tokoh yang dikenal masyarakat bernama Bacharuddin Jusuf Habibie, atau biasa dikenal dengan B.J. Habibie,Beliau sangat berpengaruh dalam perkembangan IPTEK di bidang antariksa dengan menciptakan Pesawat N-250 Gatotkaca dan dilaksanakan dalam naungan PT Dirgantara Indonesia.

        Pesawat N250 di buat sejak tahun 1986 -1995 dan pada tanggal 10 Agustus 1995, pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya selama 55 menit dengan membawa 50 penumpang. Hari bersejarah itu pun diabadikan menjadi Hari Teknologi Nasional.


(Penulis: Shelly Eka P)

Komentar

Postingan Populer