IPTEK? U KNOW ABOUT THAT?




"DUNIA DALAM GENGGAMAN" ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK)

Kalian tau iptek? Apasih iptek itu?

 Iptek adalah perubahan kehidupan masa depan yang lebih baik,mudah,murah,cepat,dan aman.Diera globalisasi ini,ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia.Dengan perkembangan dan kemajuan IPTEK,manusia lebih mudah dalam menyelesaikan segala kebutuhan dan kegiatannya.

    Berkat kemajuan IPTEK,kini kita begitu mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luar,untuk itu diperlukan sikap bijaksana yaitu kesediaan untuk membuka diri terhadap nilai nilai sosial budaya dari luar kita perlu menyaring nilai nilai sosial dari budaya luar yang masuk ke indonesia apakah itu baik untuk ditiru dan dilaksanakan atau malah perlu untuk ditinggalakan.

    
    Karena meningkatnya hubungan antar bangsa didunia membawa pengaruh pada tata nilai budaya luar yang masuk ke indonesia,akibatnya jika kita tidak mempunyai ketahanan mental,ideologi,dan kewapadaan yang kuat dapat menjadi korban globalisasi dan pergaulan bebas antarbangsa.

     Iptek juga mengakibatkan dampak negatif yang harus diwaspadai,misalanya terjadi tindak kejahatan,rusaknya lingkungan akibat pemanfaatan IPTEK maupun limbahanya ,serta memudarnya budaya tradisional bangsa.

     Bagaimana tanggapan kita sebagai Pelajar dalam menanggapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)?

    Kita sebagai pelajar yang baik harus menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak. Penggunaan teknologi yang benar akan menimbulkan kebaikan seperti,pelajar bisa mendapatkan informasi,sebagai peluang untuk membuka usaha.Jika teknologi digunakan dengan cara yang salah akan menimbulkan banyak masalah seperti terjadinya bullying, penipuan dan lain lain.Kita sebagai siswa harus berlomba- lomba untuk bisa menciptakan inovasi dan kreativitas dalam perkembangan teknologi

    Hubungan antara ilmu pengetahuan dengan teknologi harus sejalan agar bisa mengikuti zaman.Jika teknologi tidak sejalan dengan pengetahuan maka kita akan ketinggalan jaman, sedangkan jika pengetahuan tidak sejalan dengan teknologi maka informasi akan lambat didapat.

Apa sih dampak IPTEK bagi pelajar?
    Dari pengertian diatas IPTEK juga mempunyai dampak positif ataupun negatif bagi kita khusunya para pelajar,anatara lain sebagiai berikut:

Beberapa dampak positif kemajuan iptek yaitu:

  1. Memberikan kemudahan dalam mengakses informasi
  2. Memudahkan proses komunikasi 
  3. Memudahkan media pembelajaran bagi pelajar dan guru
  4. Menghemat waktu saat mencari informasi
  5. Memunculkan berbagai media berdiskusi bagi para pelajar

Selain memberikan dampak positif, kemajuan iptek juga dapat memberikan dampak negatif diantaranya:

  1.  Siswa terlalu sering menggunakan ponsel dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.     
  2. kurangnya interaksi yang dilakukan para pelajar.

  3. Memunculkan budaya instan yang membuat proses belajar panjang ditinggalkan
  4. Munculnya pengaruh budaya asing yang berbeda dari budaya Indonesia
  5. Meningkatkan kejahatan di internet yang bisa dilakukan siapa saja termasuk pelajar
     Dikatakan dunia dalam genggaman, karena dapat kita ketahui perkembangan iptek sudah semakin canggih, contohnya pembuatan handphone, dapat digunakan sehari-hari, dan juga kita dapat mengelola apa saja lewat sarana tersebut. Jadi bak dunia dalam genggaman kita, segala sesuatu dapat dipantau, dikerjakan, dan dilakukan dengan media handphone.

(Penulis: Nadin Rahmadhani)

Komentar

Postingan Populer